INFO DESA

Peringati Hari Pahlawan, Karang Taruna “Beringin Muda” Ziarah ke Makam Pahlawan
10 November 2023   177 kali

SUMBERWRINGIN-KLAKAH.LUMAJANGKAB.GO.ID, Ranulading. Karang Taruna "Beringin Muda" memperingati Hari Pahlawan Nasional dengan berziarah ke pesarean/makam Bujuk Branthi di Dusun Ranulading Desa Sumberwringin, Jumat (10/11/2023).

Sekretaris Karang Taruna "Beringin Muda", Ika Yusmita Devi, S.Sos. mengatakan bahwa acara ziarah ke pesarean Bujuk Branthi ini merupakan Program Kerja (Proker) pada Hari Pahlawan Nasional untuk mengenalkan dan mendekatkan generasi muda kepada pahlawan kemerdekaan.

“Bujuk Branthi merupakan seorang tokoh masyarakat yang membabat tanah Desa Sumberwringin dan dia juga seorang tokoh yang melawan penjajah di masa lalu menurut kisah yang turun-temurun hingga saat ini,” ungkapnya.

Dirinya menambahkan, sebelum berziarah ke Bujuk Branthi, Ketua dan segenap anggotanya melakukan bersih-bersih di sekitar pesarean guna melestarikan tradisi masyarakat Desa Sumberwringin.

“Hari Pahlawan ini sudah selayaknya menjadi pelajaran berharga bagi generasi penerus bangsa, karena mereka sudah rela dan ikhlas dalam memperjuangkan kemerdekaan sehingga tidak sedikit pula yang gugur dalam memperjuangkannya,” imbuh dia.

Terakhir ia menyampaikan bahwa generasi muda harus paham betapa besarnya pengorbanan para pahlawan untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

"Juga, generasi muda harus bisa mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia melalui pahlawan yang dimakamkan dengan menziarahinya dan meneruskan perjuangan-perjuangannya," pungkasnya.

 

Penulis: Selamet Angguniawan, PPID Desa Sumberwringin.

Kembali