INFO DESA

MMD 543 UB: Kerahkan Seluruh Elemen Desa untuk Bergotong Royong melalui Gerakan Penghijauan
03 Agustus 2023   132 kali

Penulis: MMD UB dan KIM Desa Sumberwringin

 

Ranulading, Sumberwringin — Kelompok Mahasiswa Membangun Desa (MMD) 543 Universitas Brawijaya bersama dengan Pemerintah Desa Sumberwringin, Babinsa Sumberwringin, Karang Taruna Beringin Muda, serta GP Ansor Sumberwringin secara serentak melakukan penanaman bibit tanaman di sekitar area Ranu Lading yang ada di Dusun Ranulading, Desa Sumberwringin pada hari Rabu (02/08).

 

Acara tersebut diadakan sebagai salah satu program besutan kerja sama antara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI dengan pihak Universitas Brawijaya melalui program MMD Universitas Brawijaya. Tujuannya sendiri untuk mendukung adanya keberlanjutan dan kelestarian dari lingkungan hidup yang ada di desa-desa seluruh Indonesia.

 

Selain di sekeliling area Ranu Lading, penanaman bibit juga dilakukan di sekitar makam Bujuk Beranthi yang merupakan sosok yang melakukan “babat alas” atau perintis dari Desa Sumberwringin. Lokasi makam tersebut sendiri berada di atas dari area sekitaran Ranu Lading.

 

Seusai dilaksanakan acara penanaman bibit, acara kemudian dilanjutkan dengan kegiatan kerja bakti di balai desa. Kegiatan tersebut dilakukan oleh para mahasiswa beserta dengan para anggota karang taruna, para perangkat desa, dan para staf balai desa.

 

Kegiatan kerja bakti dilakukan dengan melakukan pengecatan dinding pagar dan gapura balai desa serta memasak bersama. Kerja bakti ini sendiri ditujukkan untuk menyongsong HUT Kemerdekaan ke-78 RI yang bertepatan jatuh pada bulan Agustus.

 

Rangkaian acara tersebut kemudian diakhiri dengan kegiatan santap bersama yang diikuti oleh semua pihak yang terlibat. Melalui kegiatan ini, diharapkan semangat gotong royong dan ikatan persaudaraan antara elemen Desa Sumberwringin dengan mahasiswa UB dapat terjalin sehingga dapat memupuk adanya sinergitas dan solidaritas antarpihak.

Kembali